Training Dan Instalasi Impact Testing Machine JB300 Di Politeknik Caltex Riau

17 - 30 Oktober 2017 Enginer Team Alatuji PT Taharica melakukan training dan instalasi Impact Testing Machine JB300 di Politeknik Caltex Riau. Lalu, apa itu impact testing machine ? mari kita mengenal lebih jauh dari impact testing machine.

 

Impact testing Machine adalah alat untuk mengukur kemampuan suatu bahan dalam menerima beban tumbuk yang diukur dengan besarnya energi yang diperlukan untuk mematahkan spesimen dengan ayunan. Impact test dirancang untuk mengukur ketahanan terhadap kegagalan bahan untuk kekuatan yang diterapkan. Tes ini mengukur dampak energi, atau energi yang diserap sebelum fraktur. metode yang paling umum untuk mengukur dampak energi adalah: Charpy Test, Izod Test.

 

Charpy Impact Test juga dikenal sebagai Charpy tes V-notch, adalah tes regangan-tingginya standar yang menentukan jumlah energi yang diserap oleh materi selama fraktur. prinsip dasar pengujian charpy ini adalah besar gaya kejut yang dibutuhkan untuk mematahkan benda uji dibagi dengan luas penampang patahan. Mula-mula bandul Charpy disetel dibagian atas, kemudian dilepas sehingga menabrak benda uji dan bandul terayun sampai ke kedudukan bawah Jadi dengan demikian, energi yang diserap untuk mematahkan benda uji ditunjukkan oleh selisih perbedaan tinggi bandul pada kedudukan atas dengan tinggi bandul pada kedudukkan bawah (tinggi ayun).

Izod Impact Test mempunyai penampang lintang bujur sangkar atau lingkaran dengan takik V di dekat ujung yang dijepit, kemudian uji impak dengan metode ini umumnya juga dilakukan hanya pada temperatur ruang dan ditujukan untuk material-material yang didisain untuk berfungsi sebagai cantilever.


Perbedaan mendasar charpy dengan izod adalah peletakan spesimen. Pengujian dengan menggunkan izod tidak seakurat pada pengujian charpy, karena pada izod pemegang spesimen juga turut menyerap energi, sehingga energi yang terukur bukanlah energi yang mampu di serap material seutuhnya.

 

JB Series Metal Materials Charpy Impact Testing Machine

Digunakan untuk menentukan anti-dampak kemampuan logam besi bahan dengan ketangguhan tinggi, terutama
untuk baja dan besi dan paduan mereka, di bawah beban dinamis. Mesin ini dapat dioperasikan semi-otomatis. Bandul mesin dapat ditingkatkan atau dirilis secara otomatis. yang digunakan untuk pengujian dalam berbagai jenis laboratorium dan metalurgi lainnya industri manufactories. Perangkat ini dirancang dan dikembangkan menurut standar ISO148-2-1998, ASTM-E23-98 dan GB / T 3808-22-002.

Comments


[Disquss Here]